Cari Blog Ini

Kamis, 08 Desember 2011

Tips Berbelanja Online


Berbelanja online atau melalui internet merupakan fenomena umum pada masyarakat zaman sekarang, khususnya di Indonesia. Perkembangan teknologi internet dan kemudahan mekanisme pembayaran semakin mendukung keberadaan transaksi online. Situs-situs e-commerce pun kian menjamur, dengan berbagai tawaran yang menggiurkan. Meskipun demikian, kita tetap harus waspada, mengingat kita tidak bertatap langsung dengan penjual.
Berikut beberapa tips berbelanja online.
Lihat reputasi website tempat berbelanja. Situs e-commerce atau toko online lazimnya mudah dicari di internet melalui mesin pencari. Sebaiknya periksa apakah situs tersebut baru atau lama, banyak pengunjung, dan jumlah anggota. Semakin lama situs eksis dan jumlah membernya banyak maka dapat dipastikan toko online tersebut bagus dan terpercaya.
Cek toko online. Pastikan toko online tersebut mempunyai alamat yang lengkap, lebih baik lagi jika toko online tersebut juga memiliki store offline. Toko online yang berkualitas biasanya menyediakan fasilitas chatting (yahoo messenger, MSN dll). Lihat seberapa sering toko online tersebut online. Jika sering online berarti kita bisa menghubungi setiap saat. Selain itu, kita juga perlu membaca FAQ atau aturan perjanjian di toko online tersebut, terutama mengenai mekanisme pembayaran, garansi, pengiriman, dan lain-lain.
Cari referensi mengenai toko online tersebut. Referensi dapat kita peroleh dari teman, testimonial pelanggan, atau forum-forum diskusi di internet.
Lihat perbandingan harga dan biaya pengiriman. Kita bisa cek melalui mesin pencari untuk membandingkan harga dan biaya pengiriman di beberapa toko online. Jangan tergiur dengan harga murah atau potongan harga yang sangat besar, bandingkan barang yang sama dengan toko online yang lain. Kadang-kadang ada yang menawarkan diskon lebih besar, tetapi biaya pengiriman juga lebih besar. Bahkan, tidak jarang, penjual online di dunia maya merupakan reseller (menjual kembali) sehingga harga produk lebih mahal.
Cermat memilih produk. Pastikan bahwa kita hanya membeli produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kita.
Periksa kembali laman pembayaran. Jika pembayaran melalui pihak ketiga (eBay atau PayPal), pastikan Anda berada pada alamat yang benar, jangan sampai data kartu kredit Anda dicuri dan disalahgunakan. Ada baiknya pilihlah situs belanja yang menggunakan sistem transfer antarbank atau pembayaran langsung (cash on delivery) dengan debit atau kartu kredit.
Konfirmasi pesanan dari penjual. Catat kode produk yang kita pesan karena biasanya pengelola toko online akan mengkonfirmasi pesanan kita.
Periksa barang pesanan. Periksa barang ketika sudah diterima, apakah dalam kondisi baik sesuai dengan pesanan kita. Kerusakan barang dapat terjadi karena pengangkutan atau barang tersebut sudah cacat sebelum pengiriman.
Khusus shopper mania. Jika Anda termasuk penggila belanja, tidak ada salahnya menginstal software keamanan yang bisa memblock aksi para peretas dan menjamin Anda masuk ke dalam situs belanja yang aman.

Happy shopping!

0 komentar:

Posting Komentar